Rabu, 03 Juni 2020

Kepyok Kangkung



Tanaman kangkung sangatlah mudah di tanam. Dapat hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi.  Baik jenis kangkung darat maupun kangkung air. Pertumbuhannya cepat, antara 25-28 hari sudah dapat dipanen. 

Kangkung sangat familiar dan mudah didapatkan  di beberapa daerah. Bahkan menjadi makanan khas. Di Lombok terkenal dengan plecing kangkung. Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan ada rujak Kangkung.  Selain di Jawa Timur rujak kangkung dapat ditemukan juga di Jawa Barat.

Di Gempol kabupaten Pasuruan, rujak kangkung sangat disukai. Apalagi penyuka rasa pedas. Seporsi bisa sampai 20 biji cabe rawit. Nah dari baunya saja sudah bikin hidung menjadi merah.

Ada juga yang dimasak kepyok. Lazimnya masakan kepyok ini berbahan semanggi. Akan tetapi digantikan kangkung juga enak. Bumbu yang diperlukan tidak banyak, hanya garam, gula, asam jawa dan petis, cabe sesuai selera. Semua bahan dihaluskan ditambahkan sedikit air lalu siram pada kangkung yang sudah direbus.

#SHSB
(29)
Dok. Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MERAIH PENGHARGAAN ADIWIYATA MANDIRI

  Dok. Pribadi Setelah gagal tahun lalu dalam meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri,  tidaklah menyurutkan semangat SMPN 1 Beji untuk...